Kunjungan Industri dan Kuliah Lapang ke Perumda Paljaya, DKI Jakarta

Pada Hari Selasa, 6 Juni 2023, mahasiswa Teknik Lingkungan UNSIKA angkatan 2020 melakukan kunjungan lapangan ke Perumda Paljaya, tepatnya ke IPAL Krukut Jakarta. Kunjungan ini adalah bagian dari pembelajaran mata kuliah Perencanaan Pengolahan Air Buangan. Mahasiswa melihat langsung bagaimana limbah dari kawasan SCBD, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Jendral Sudirman diolah menggunakan MBBR (Moving Bed Biofilm Reactor) dan hasil olahannya dimanfaatkan sebagai air non-konsumsi.

Mahasiswa datang menggunakan bus UNSIKA didampingi juga oleh dosen dan tenaga pendidik sebagai pengawas lapangan. Kegiatan diawali dengan pendaftaran tamu dan dilanjutkan dengan presentasi mengenai Paljaya secara umum, mulai dari sejarah, tujuan, keorganisasian, dan lain sebagainya. Selepas presentasi tersebut pun dilaksanakan sesi tanya jawab antara mahasiswa dan tim Paljaya, serta diakhiri dengan pemberian plakat.

Setelah kegiatan tersebut dari Paljaya, acara dilanjutkan dengan berkeliling area IPAL yang ada di gedung tersebut. Mahasiswa dibagi berkelompok dan didampingi oleh tim dari Paljaya langsung yang menjelaskan dengan detil setiap proses pengolahan air limbah yang dilaksanakan di sana. Pada kuliah lapang ini pun mahasiswa berkesempatan untuk berkenalan dengan proses dan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengolah air buangan agar tetap bisa dimanfaatkan.

0 Komentar