Kerja Praktik Mahasiswa Teknik Lingkungan Tahun 2023

 

Pada era industri yang terus berkembang pesat dan dinamis, mahasiswa memainkan peran kunci dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan yang ditawarkan oleh perubahan. Melalui kurikulum yang dibuat, Teknik Lingkungan Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai salah satu program studi perguruan tinggi di Indonesia memfasilitasi mahasiswanya untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Hal ini diwujudkan melalui mata kuliah Kerja Praktik yang tengah dilaksanakan oleh mahasiswa semester VI Angkatan 2020.

Mata kuliah Kerja Praktik (ENV61656) dengan bobot 2 SKS menjadi mata kuliah wajib yang dilaksanakan secara serentak selama 1 bulan terhitung sejak bulan Juli-Agustus 2023. Melalui Kerja Praktik ini, mahasiswa diberikan ruang dan kesempatan untuk mengimplementasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh selama kuliah ke dalam praktik dunia kerja. Mata kuliah Kerja Praktik juga dapat dikonversikan dengan magang selama 3 atau 6 bulan di instansi/perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan Unsika. Data persebaran Kerja Praktik mahasiswa Teknik Lingkungan Unsika dapat dilihat di bawah ini.

Tabel 1. Persebaran Lokasi Kerja Praktik Mahasiswa Teknik Lingkungan Unsika 



Grafik 1. Persebaran Topik Kerja Praktik Mahasiswa Teknik Lingkungan Unsika





Pada pelaksanaanya, setiap mahasiswa didampingi oleh satu dosen pembimbing dan satu pembimbing lapangan yang ahli di bidangnya. Sehingga mahasiswa memiliki ruang untuk berdiskusi dan/atau berkonsultasi mengenai topik yang ditekuni pada Kerja Praktik atau kendala yang dihadapi. Keluaran dari Kerja Praktik adalah laporan dan presentasi yang akan disidangkan. Sementara, penilaian dilakukan berdasarkan komponen penilaian dari pembimbing lapangan dan dosen pembimbing.

Kerja praktik dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai fasilitas untuk mempersiapkan diri dan kemampuannya. Sehingga mahasiswa diharapkan dapat menjadi inovator, agen perubahan, dan pemimpin yang berani bersaing dan mampu membuktikan kemampuannya di tengah perkembangan dunia industri yang dinamis dan terus berkembang. (Adinda Melianda N. Teknik Lingkungan 2020).

0 Komentar