Kuliah Lapang di UPST Bantar Gebang




Pengelolaan sampah yang berkelanjutan merupakan perhatian yang selalu mendesak di dunia saat ini, dengan kerusakan lingkungan dan polusi menjadi ancaman signifikan bagi planet kita. Pada hari Kamis, 25 Mei 2023, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Singaperbangsa Karawang melaksanakan kunjungan ke UPST Bantar Gebang yang merupakan salah satu lokasi pembuangan sampah terbesar dan paling komprehensif di Asia Tenggara. Meliputi area yang luas sekitar 120 hektar, situs pembuangan sampah ini telah melayani sebagai tempat penyimpanan sampah yang dihasilkan di Jakarta dan wilayah sekitarnya selama lebih dari tiga dekade. Kunjungan lapangan ini adalah sebagai bagian dari pembelajaran mata kuliah pengelolaan sampah. Melalui kunjungan lapang ini, mahasiswa bisa belajar mengenali kondisi nyata dan eksisting dari pengolahan sampah di Indonesia.




Mahasiswa dan mahasiswi TL Unsika mengunjungi Area 1 yang merupakan urugan sampah setinggi 30-40 meter yang ditutupi oleh geomembran dipandu oleh Bapak Roy dan timnya. Kemudian mengunjungi PLTSa merah putih yang merupakan pilot project dari pengelolaan sampah secara termal menggunakan teknologi insinerator. Kuliah lapang ini memungkinkan para calon insinyur muda ini untuk melihat secara langsung tantangan dan strategi inovatif yang digunakan dalam mengelola sampah dalam skala besar.

Fakta menarik dari Bantar Gebang: Kurang lebih terdapat 6000 pemulung di bantar gebang dan seluruhnya tergabung dalam Ikatan Pemulung Indonesia yang mana terjamin oleh BPJS Tenaga Kerja.


 
 
 



 

0 Komentar